You are currently viewing LASTARE KAK SOLUSI CERDAS PELAYANAN DUKCAPIL PAMEKASAN

LASTARE KAK SOLUSI CERDAS PELAYANAN DUKCAPIL PAMEKASAN

Pamekasan_ Pekerjaan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, ternyata bukan semata bersifat administratif. Ada upaya mencapai tujuan bernegara–antara lain melindungi segenap bangsa ketika bersentuhan dengan nilai-nilai humanisme universal.

perjuangan tak kenal menyerah para awak Dukcapil di Desa-desa  saat melakukan layanan jemput bola merekam data KTP-el dengan mendatangi penduduk di wilayah yang jauh dari kantor Dukcapil, termasuk kaum difabel dan para jompo yang jelas tidak bakal mampu datang ke kantor Dukcapil karena keterbatasannya.

“Negara itu dibentuk untuk membahagiakan masyarakat. Begitu juga Dukcapil ada itu pun untuk masyarakat yang berada di mana pun tanpa mengenal diskriminasi. Kami menyadari Luasnya wilayah  Pamekasan memerlukan ASN penyelenggara negara yang tangguh. Maka kami wajib melakukan layanan yang kami sebut jemput bola dengan nama LASTARE KAK yakni layanan hari sabtu turun ke Desa masyarakat mendapatkan KK, Akta dan KTP el. Dengan mendatangi penduduk Pamekasan yang belum tersentuh layanan administrasi kependudukan di mana pun mereka berada apa pun keadaan mereka,” tutur Kadis Dukcapil Pamekasan Ach. Faisol.

Layanan Lastare kak merupakan inovasi yang bertujuan lebih memberikan kemudahan kepada penduduk di Desa terutama di wilayah Pantura. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari sabtu mulai jam 8.00 WIB sampai dengan jam 21.00 WIB. Adapun proses pendaftarannya pihak Desa mengajukan permohonan sekaligus melampirkan daftar nama penduduk yang membutuhkan dokumen kependudukan ke kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Pamekasan, setelah di verifikasi maka Dukcapil memberikan jadwal kapan layanan lastare Kak di laksanakan.

“ layanan ini dilakukan di balai Desa atau dirumah penduduk dimana Awak Dukcapil membawa alat perekaman, cetak KTP dan Cetak akta yang cukup banyak dan berat dimana untuk mensetting membutuhkan waktu minimal 30 menit dan perlu diketahui layanan ini tidak dipungut biaya atau gratis,” cerita kadis Faisol.

Antusias masyarakat sangatlah luar biasa hal ini dibuktikan membludaknya masyarakat yang memerlukan pelayanan, setiap hari sabtu Dukcapil tidak kurang 400 KTP el yang tercetak, 150 kartu keluarga dan 200 akta kelahiran maupun akta kematian tercetak.

” kami ucapkan terima Kasih kepada dinas Dukcapil Pamekasan dengan adanya program lastare kak sangatlah bermanfaat bagi masyarakat khususnya bagi perangkat Desa karena kami tidak usah jauh-jauh ke Pamekasan untuk mengurus administrasi kependudukan dan bisa menghemat waktu dan biaya, ” kata Iwan sekretaris Desa Bujur Tengah Kecamatan Batumamar.

Selanjutnya Iwan berharap program ini terus berlanjut dan lebih ditingkatkan lagi agar masyarakat lebih terlayani khususnya kebutuhan tentang kepemilikan administrasi kependudukan.